Prof. Mukhlis Yunus: Penerapan Strategi Digital Marketing Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Aceh
LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Strategi digital marketing dalam mempromosikan destinasi wisata di Aceh berpengaruh terhadap persentase kunjungan wisatawan dari luar Aceh.
Hal ini disampaikan oleh Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, sekaligus Dewan Pakar Pusat Riset Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Kita Kreatif) USK, Prof. Mukhlis Yunus, bersama Dr. Meldi Kesuma, Rabu (11/12/2024), dalam seminar laporan akhir Penelitian Professor tentang Analisis Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Destinasi Wisata Aceh.
"Dari hasil penelitian, ditemukan belum optimalnya strategi digital marketing melalui sosial media termasuk Website oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Aceh mengurangi interaksi di ranah digital marketing, sehingga secara tidak langsung berdampak pada penyebaran informasi tentang destinasi wisata Aceh", ungkap Prof. Mukhlis Yunus.
Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan evaluasi terhadap strategi yang sudah ada guna menjangkau wisatawan dalam lingkup yang lebih luas. Evaluasi ini bisa dilihat dari analisis Segmenting, Targeting and Positioning (STP) dan analisis SWOT sehingga informasi yang diperoleh nantinya mampu menyasar pangsa pasar wisatawan yang sesuai, imbuhnya.
Sejalan dengan topik, Strategi Digital Marketing guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh, Prof Mukhlis Yunus mengungkapkan bahwa banyak destinasi wisata di Aceh yang belum diketahui oleh wisatawan, dikarenakan kurangnya promosi dan publikasi di ranah digital marketing.
Sebutnya, salah satu contoh destinasi yang memiliki potensi wisata di Aceh yaitu Gampong Alue Naga yang terletak di Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Keindahan alamnya, budaya yang kaya, serta keramahan penduduk lokal menjadikan gampong ini sebagai salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi dan dikomersialisasikan.
Saat ini, Gampong Alue Naga merupakan gampong binaan Pusat Riset Kita Kreatif USK, bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat, yang sedang melakukan penggalian potensi dan pengarahan untuk merealisasikan gampong tersebut sebagai destinasi wisata.
Gampong Alue Naga memiliki potensi besar dalam bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif, khususnya pariwisata maritim. Prof Mukhlis selaku dewan pakar Pusat Riset Kita kreatif USK mendukung penuh potensi ini dikembangkan dengan baik sehingga meningkatkan pemasukan daerah dari sektor pariwisata.
Demikian halnya Dr. Meldi Kesuma, juga menekankan pentingnya keikutsertaan masyarakat beserta peningkatan soft skill masyarakat di daerah yang memiliki potensi pariwisata sehingga membantu peningkatan pendapatan masyarakat.
“Pemanfaatan Strategi Digital Marketing bisa menjadi cara efektif, tidak hanya dapat menjangkau audiens yang lebih luas bahkan dari mancanegara tetapi juga dapat dilakukan dengan biaya yang lebih efisien dibandingkan dengan pemasaran konvensional", ujar Dr. Meldi Kesuma.
Digital marketing bukan hanya alat promosi, tetapi juga sarana untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan calon wisatawan. Oleh karena itu, penerapan Strategi Digital Marketing oleh pemerintah Aceh dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Aceh menjadi fokus utama untuk dilakukan saat ini.
"Melihat begitu banyak potensi wisata yang dapat ditawarkan oleh Aceh kepada wisatawan, bukan tidak mungkin jika suatu saat Aceh akan menjadi tujuan wisata terkenal dan maju seperti Bali melalui pengembangan maksimal oleh pemerintah Aceh dan pihak terkait lainnya", demikian penuturan Prof. Mukhlis Yunus, dengan penuh optimis.(As)